-->

Cara mengatasi pusing saat berolahraga

Pusing saat olah raga mungkin merupakan fenomena umum dan tidak berbahaya. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana mencegah keadaan ini, terutama mereka yang baru berlatih.

Penyebab pusing saat berolahraga

Karena overtraining

Pusing saat berolahraga bisa jadi akibat dari tenaga yang dikeluarkan.hal Ini bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Olahraga berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah  turun secara tiba-tiba atau menyebabkan dehidrasi.
 Tanda-tanda overtraining meliputi:

Merasa pusing 

Mual

Sesak napas

Haus


Mengunakan treadmill secara terus menerus

Jenis olahraga yang  yang dapat membuat kamu pusing adalah karena menggunakan elips atau treadmill, karena keduanya membuat gerakan terus menerus dan bisa membuat kamu pusing saat berolahraga.

Dehidrasi

Salah satu penyebab pusing yang paling umum terjadi saat berolahraga adalah dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh mengonsumsi lebih banyak air daripada yang tersedia. Gejala dehidrasi meliputi:

Pusing

Mulut kering

Merasa haus

Merasa pusing atau pusing 

Lelah 

Sedikit buang air kecil

hipertermia

Hipertermia yang disebabkan oleh olahraga, cuaca, atau obat-obatan dapat menyebabkan pusing. Peningkatan suhu tubuh yang cepat lebih mungkin terjadi secara tiba-tiba atau berkembang dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Bagaimanapun, jika kamu berkeringat banyak atau merasa seperti demam tanpa pilek atau flu, segera periksa kesehatan. Peningkatan suhu tubuh bisa membuat kamu merasa pusing saat berolahraga.

Kekurangan oksigen

Nafas yang tidak tepat selama olahraga akan mengakibatkan kurangnya kamu mendapatkan cukup oksigen untuk memenuhi kebutuhan otot . Selama berolahraga, otot menggunakan lebih banyak oksigen dari biasanya. 

Inilah sebabnya mengapa detak jantung dan pernapasan menjadi lebih cepat untuk memungkinkan lebih banyak oksigen diserap. Tanpa pernapasan yang merata atau cukup dalam, kadar oksigen akan lebih rendah dari kadar optimal di otak. Pusing saat berolahraga adalah tanda lain bahwa otak membutuhkan lebih banyak oksigen

Tekanan darah rendah

Tekanan darah sehat normal kurang dari 120/80 mmHg. Pada kasus tekanan darah rendah atau hipotensi akan memiliki indeks dibawah 90/60 mmHg. 

Tekanan darah biasanya paling rendah dalam 1 jam latihan. Namun, beberapa orang mungkin mengalami penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Ini menyebabkan pusing saat berolahraga. Selain itu, ada gejala hipotensi lainnya:

Penglihatan kabur 

Pingsan 

Lelah

Gangguan

Mual

Aktivitas berat seringkali menyebabkan tekanan darah rendah, meski aktivitas apapun bisa memicunya. Beberapa penderita tekanan darah rendah akan mudah mengalami pusing saat berdiri dengan cepat. 

Bagaimana cara menghentikan pusing saat berolahraga?

Perawatan jika kamu merasa pusing saat berolahraga tergantung pada penyebab utama setiap kasus. Bagi sebagian orang dengan pusing, pengobatannya sederhana dan mudah. Dalam kasus lain, mungkin perlu menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perhatian medis. 

Istirahat dan bernapaslah

Jika penyebab pusing saat berolahraga adalah aktivitas berlebihan, pernapasan tidak tepat, atau tekanan darah rendah, kamu dapat mencoba yang berikut ini: 

Dinginkan dan istirahatlah selama beberapa menit

Duduk dan letakkan kepala Anda di antara kedua lutut untuk meningkatkan aliran darah ke otak

Berlatihlah bernapas dalam-dalam selama beberapa menit, pastikan menghirup dan menghembuskan napas secara teratur 

Jika pusing terjadi saat menggunakan treadmill atau mesin yang bergerak terus-menerus, kamu harus memegang rel dengan kuat dan memperlambat hingga aman untuk dihentikan. Tindakan yang dapat mencegah bahaya jatuh.

0 Response to "Cara mengatasi pusing saat berolahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel