-->

Teknik gerakan lompat jauh gaya jongkok dan berjalan di udara

 melompat merupakan gerakan-gerakan yang biasa kita lakukan setiap saat. Baik 
itu lompat jauh atau lompat tinggi untuk jarak yang rendah atau melompat pada jarak yang lebar/tinggi. Agar gerakan-gerakan melompat yang kita laksanakan efektif serta bermanfat kita perlu  untuk mengetahui teknik melompat dengan baik 
dan benar. 

Tujuan dari olahraga lompat jauh yaitu untuk melompat sejauh-jauhnya. Seorang Pelompat haruslah bisa mempertahankan sikap saat melayang di udara selama mungkin hingga ke area pendaratan. Kegiatan Lompat jauh biasanya diharuskan memiliki fasilitas seperti bak lompat jauh yang diisi pasir, Dengan lintasan lari, papan tolakan, serta tempat pendaratan. Lintasan lari awalan dengan ukuran  panjang 30-40 m serta lebar 1,22 m bagian ini harus rata serta tidak licin. 

Panjang ukuran papan tolakan  sepanjang 1,22 m, lebar 20 cm, serta tebal 10 cm.  Papan tolakan harus memiliki warna cat putih dan harus rata dengan permukaan tanah dan ditanam sekurang-kurangnya sepanjang 1 m dari depan bak ke pasir pendaratan. Ukuran Lebar tempat pendaratan minimal  1,22 m. Jarak garis tolakan hingga akhir tempat lompatan minimum 10 m. Permukaan tempat pendaratan harus sama dengan  tinggi/datar dng sisi atas papan tolakan.

gerak lompat jauh 

Gerakan lompat jauh terbagi menjadi beberapa bagian yaitu menjadi tahap awalan, tahap tolakan, sikap melayang, serta pendaratan. Saat tahap sikap melayang, lompat jauh terdapat tiga sikap/gaya, adapun gaya tersebut adalah gaya menggantung atau hang style, lompat jauh gaya jongkok  atau squat, dan lompat jauh gaya berjalan di udara atau bisa disebut walking in the air. Adapun tahapan dalam gerakan melompat seperti dibawah ini :

1) Tahap Awalan

•  Berdiri dengan jarak sekitar 30 - 40 m dari papan tolakan atau bak pasir.
•  Berlari secepat mungkin dimulai saat awal hingga langkah-langkah terakhir, lakukan langkah panjang dengan tidak mengurangi kecepatan lari guna persiapan melakukan tolakan.

2) Tahap Tolakan
• Tolakan harus dilaksanakan tepat pada papan tolakan Dengan menggunakan satu kaki yang paling kuat.
• Titik tumpu saat tolakan dilakukan dengan penggunaan ujung Alas kaki dengan menghentak tanah, Bagian lutut agak dibengkokkan dan pinggang sedikit condon depan dan kaki mengayun ke depan.

3) sikap ketika melayang di udara
• Saat melayang di udara dipertahankan posisi tubuh dengan waktu selama mungkin dengan membentuk gaya  parabola. gaya yang digunakan dalam tergantung pada masing masing pelompat.

0 Response to "Teknik gerakan lompat jauh gaya jongkok dan berjalan di udara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel