-->

Penjelasan lengkap lapangan sepak bola beserta ukurannya

Pada pembahasan kesempatan kali ini sobat bobo sport kita akan membahas tentang ketentuan-ketentuan ukuran standar lapangan serta bagaimana bentuk lapangan, ukuran, Marka lapangan, daerah penalti dll. Baiklah kita langsung saja ke penjelasannya sebagai berikut:

Ukuran & bentuk Lapangan
Lapangan sepak bola harus memiliki bentuk 4 persegi panjang, dan dengan garis samping  atau disebut touch line dengan ukuran yang haruslebih panjang dari garis gawang.

 Adapun ukurannya sebagai berikut:

Panjang  yaitu : minimal 90 m, maksimal 120 m serta 
lebar yaitu.       : minimal 45 m, maksimal 90 m 

 Standart Untuk ukuran sepak bola Interasional  yaitu :

Panjang : Minimal 100 m maksimal 110 m 
Lebar     : Minimal   64 m  maksimal 75 m 

Marka Lapangan

Marka dari Lapangan sepak bola ini ditandai dengan garis. Garis-garis ini adalah daerah  permainan yang dibatasinya. Dua garis batas yang panjang disebut dengan garis samping dua garis yang  pendek disebut garis gawang. ukuran Lebar garis-garis ini tidak lebih dari 12 cm. Lapangan permainan sepak bola di bagi atas dua bagian oleh sebuah garis tengah. Dengan Titik tengah berada pada  pertengahan. garis tengah lalu dikelilingi oleh sebuah lingkaran dengan radius 9,15 m atau 10 yard.

Daerah Gawang

Berada pada masing-masing ujung lapangan Deny ketentuan sebagai berikut : dua buah garis tegak lurus  dengan garis gawang yang  dibuat pada sisi kiri dan kanan gawang dengan jarak , 5,5 m  diukur dari sebelah dalam tiang gawang. Ke dua garis ini kemudian ditarik ke arah  dalam lapangan permainan dengan ukuran panjang sebesar 5,5 m dan dihubungkan dengan garis yangsejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi garis-garis ini dan garis gawang disebut dengan daerah gawang.

Daerah Penalti

Pada daerah penalti ini terdiri dari atas  dua buah garis tegak lurus dengan garis gawang kemudian dibuat pada sisi kiri dan kanan gawang dengan jarak sebesar 16,5 m mulai diukur dari kiri serta kanan gawang. Kedua garis ini ditarik ke dalam lapangan dengan panjang sebesar 16,5 m Lalu dihubungkan dengan garis sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi garis-garis ini dan garis gawang merupakan daerah pinalti, pada setiap daerah pinalti ini di buat sebuah titik pinalti yang berjarak  sebesar 11 m  dari titik  tengah antara kedua tiang dari gawang serta sama jaraknya dengan tiang gawang tersebut, di luar Dari daerah pinalti di buat suatu garislingkaran dengan radius 9,15 m dari masing-masing titik pinalti.

Tiang Bendera

Tinggi tiang bendera memiliki ukuran  tidak minimal 1,5 m pada bagian atasnya tumpul dan dipasang bendera, tiang bendera ini ditempatkan pada empat sudut lapangan. Tiang bendera ini juga boleh  ditempatkan  diujung garis tengah dengan ketentuan  tidak kurang dari 1 m di luar garis samping.


Busur garis tendangan Sudut

Untuk tendangan sudut, dari setiap bendera dibuat dengan ukuran seperempat lingkaran dengan radius sebesar 1m  ke dalam lapangan permainan.

Gawang

Posisi penempatan gawang harus berada pada posisi bagian tengah masing-masing dari garis gawang, sebuah gawang  terdiri atas dua tiang tegak yang lurusmemiliki jarak sama pada tiang bendera sudut kemudian garis ini  dihubungkan secara horizontal dengan sebuah mistar gawang. Lebar gawang sebesar 7,32 m  jarak dari bagian paling bawah mistar gawang ke arah tanah sebesar 2,44 m 

Standard Ukuran bola

0 Response to "Penjelasan lengkap lapangan sepak bola beserta ukurannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel