-->

sejarah perkembangan renang di indonesia dan sejarah renang dunia


Seja zaman prasejarah manusia telah dapat berenang, bukti tertua tentang berenang mengenai lukisan-lukisan tentang perenang sejak Zaman Batu telah ditemukan berada di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora letaknya di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua sejarah berenang berasal dari 2000 SM.

 Adapun di antara dokumen tertua yang menyebutka  tentang sejarah berenang adalah  Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), Epos Gilgamesh, Iliad, Beowulf serta hikayat-hikayat lainnya. Nikolaus Wynmann Pada tahun 1538 yang juga Merupakan seorang profesor bahasa yang berasal dari Jerman menulis sebuah buku, buku ini membahas tentang sejarah renang yang pertama, yaitu tentang  Seni Berenang  atau disebut Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst

Di Eropa perlombaan renang dimulai sekitar tahun 1800 saat setelah dibangunnya kolam renang. Pada Saat itu, sebagian besar peserta berenang menggunakan gaya dada. John Arthur Trudgen Pada tahun 1873 memperkenalkan sebuah gaya renang dengan nama gaya rangkak depan gaya ini juga disebut sebagai gaya trudgen Saat  perlombaan renang di barat. Trudgen menirunya dan berasal dari teknik renang gaya bebas suku Indian yang berada Amerika Selatan. Renang adalah salah satu cabang olahraga di Olimpiade Athena 1896. Lalu Pada tahun 1900, gaya punggung masuk sebagai nomor baru renang Olimpiade. 

Pembentukan Persatuan renang dunia di bentuk pada tahun 1908 dengan nama Federation Internationale de Natation (FINA). Pada perkembangannya sejarah Gaya kupu-kupu pada awalnya merupakan bagian dari variasi gaya dada kemudian  diterima sebagai suatu gaya untuk perlombaan pada tahun 1952.

sejarah renang di Indonesia sendiri dimulai sejak Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) saat masa Hindia Belanda didirikan pada 1917. Memasuki tahun-tahun berikutnya mulai didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat atau disebut West Java Zwembond, serta perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada tahun 1927.

Perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam Pada Pada 1936 Mencatatkan rekor dengan waktu 59,9 detik pada nomor 100 meter gaya bebas yang berlokasi di kolam renang Cihampelas kabupaten Bandung. Pet Stam kemudian dikirim sebagai wakil Belanda pada Olimpiade Berlin 1936.  

Di Indonesia sendiri Persatuan renang berdiri pada tanggal  21 Maret 1951 dengan nama Persatuan Berenang Seluruh Indonesia , dan masuk sebagai anggota Federasi Renang Internasional pada tahun berikutnya. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952.

0 Response to "sejarah perkembangan renang di indonesia dan sejarah renang dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel