-->

tujuan dari mengontrol bola dalam sepak bola dan teknik kontrol

Tujuan pengontrolan dalam permainan sepakbola pada dasarnya digunakan  Untuk mempertahankan penguasaan bola agar dapat tetap dalam kendali seorang pemain dan untuk tetap mempertahankan penguasaan bola agar bola tidak mudah direbut oleh tim lawan hal ini tentu sangat berpengaruh untuk  memenangkan pertandingan. Cara mengontrol bola terbagi atas beberapa macam teknik yang digunakan yaitu sebagai berikut :
Teknik kontrol pada sepakbola

Kaki
Kaki adalah anggota tubuh yang paling efektif digunakan saat mengontrol bola di  permukaan tanah . Hal yang harus diperhatikan dalam mengontrol menggunakan kaki adalah :  Bagian dari kaki yang digunakan saat menerima bola adalah pada bagian yang berdekatan atau bahkan bersentuhan langsung saat menerima bola dimana harus diperhatikan intensitas tekanan dari  lawan pada si penerima bola, serta arah yang diinginkan si penerima setelah menerima bola, berikut ini adalah teknik mengontrol bola dalam permainan sepak bola yaitu:

(a) Kaki bagian dalam:
Teknik yang paling sering digunakan ketika menerima bola adalah teknik kontrol kaki bagian dalam, teknik ini dilakukan ketika si penerima mendapatkan tekanan dari lawan dan dituntut untuk bermain aman; dilakukan dengan menerima bola pada bagian tengahnya kemudian menggunakan kaki bagian tengah dan pada bagian telapak kaki dimiringkan agar bola tidak memantul, tumit diangkat ke atas bertujuan untuk mencegah bola  keluar dari penguasaan. posisi kaki yang menerima bola berada di depan kaki yang tidak menerima bola (posisinya dibengkokan); 


(b) Kaki bagian luar:
Biasanya digunakan saat ada tekanan dari pemain bertahan lawan yang datang dari belakang si penerima. Respon dalam menggunakan teknik ini sangat baik dalam membangun serangan balik yang cepat, masalah utamanya adalah ketika menggunakan kaki bagian luar apabila tekniknya kurang dikuasai maka beresiko terkena cedera pada lutut.

( c) Bagian telapak kaki:
Teknik ini digunakan ketika si penerima bermain di daerah pertahanan sekitar gawang, pemakaian teknik ini saat ingin memberikan waktu bagi pemain belakang untuk mendekati gelandang dan bagi penyerang agar gelandang segera menekan untuk menutup ruang . Terdapat 3 keuntungan jika menggunakan teknik seperti ini : Memberikan waktu yang cukup agar pemain lain dapat menutup ruang dengan penyerang, Overlapping, Dan Mempertahankan keseimbangan posisi sebelum menentukan keputusan apakah memutar lalu melakukan tembakan atau menunggu dan memberikan bola kepada pemain lain yang berlari dari belakang; yang harus diperhatikan dalam poin ini; bagian kaki yang menerima harus sejauh mungkin dari tekanan lawan; dada si penerimaan dibengkokkan, lengan diangkat setinggi bahu ketika menghalau tekanan dari lawan; lutut yang tidak menerima bola dibengkokan kemudian menjaga keseimbangan tubuh terhadap tekanan yang diberikan lawan.

Paha
Cara mengontrol bola menggunakan paha dilakukan Ketika menerima bola yang datangnya bola lebih tinggi daripada lutut dan tidak lebih rendah daripada pinggul. Paha penerima harus menerima arah bola ketika datang dengan bergerak maju menyambut bola; kaki diangkat kemudian dibengkokan membentuk sudut 60 derajat, otot paha rileks agar bola yang diterima akan meluncur dengan mulus ke tanah.


Dada
Merupakan teknik dasar mengontrol bola lambung menggunakan dada digunakan saat menerima  bola yang datang lebih tinggi daripada pinggul namun tidak dapat dijangkau oleh kaki. Cara mengontrol bola menggunakan dada yaitu ketika Si penerima membusungkan dadanya saat di udara lalu melepaskannya sesaat setelah menyentuh bola; post dada menghadap langit untuk mengantisipasi jika penerimaan bola kurang baik, usahakan bola memantul terlebih dahulu kemudian jatuh ke lapangan saat sentuhan kedua.

Kepala
Mengontrol bola dengan menggunakan kepala agak jarang digunakan karena apabila penguasaan kurang baik bola akan jatuh kepemain lawan dan dapat mengakibatkan serangan balik. menggunakan kepala dalam mengontrol bola bagian kepala yang menerima bola adalah bagian dahi dengan posisi leher yang dikuatkan sebelum bola diterima; pemain mengikuti arah  bola dengan matanya dan menunggu bola hingga jatuh ke tanah dan kemudian di-dribling maupun ditendang.

Diatas telah dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan mengontrol bola, dan berbagai macam teknik dalam melakukan kontrol bola yang terbagi atas mengontrol menggunakan kaki, paha, dada dan kepala. Sehingga kita bisa mengenal.lebih jauh Teknik tersebut , semoga informasi ini bermanfaat buat kamu sobat

0 Response to "tujuan dari mengontrol bola dalam sepak bola dan teknik kontrol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel