-->

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional Dan Internasional Lengkap

Lapangan futsal memiliki bentuk persegi panjang. Panjang batas garis kanan dan kiri lapangan harus lebih panjang dari garis gawang. Ukuran lapangan fulsal sendiri dapat  dikategorikan ke dalam standar ukuran nasional dan internasional Adapun ukuran tersebut adalah sebagai berikut:
Standard Nasional
Panjang : Minimum 25 m 
Maksimum 42 m 
Lebar : Minimum 15 m 
Maksimum 25 m 

Standart internasional 
Panjang : Minimum 38 m 
 Maksimum 42 m 
Lebar : Minimum 18 m 
 Maksimum 25 m 

 Lapangan futsal ditandai dengan batas berupa garis yang terdapat pada lapangan dan garis-garis tersebut memiliki fungsi sebagai pembatas area lapangan. Dua garis sisi paling luar yang lebih panjang disebut dengan garis pembatas lapangan sementara dua garis yang lebih pendek disebut dengan garis gawang.  Lebar setiap garis sebesar 8 cm. 

Lapangan terbagi menjadi dua yang dipisahkan oleh garis tengah lapangan. Titik tengah ditandai dengan sebuah titik yang berada persis di garis tengah lapangan. Titik tersebut harus dikelilingi oleh sebuah lingkaran dengan radius 3 m.
 
Bentuk dan ukuran lapangan dalam gambar dilihat dibawah ini : 
Wilayah penalti

Daerah pinalti ditentukan pada tiap sisi ujung dari lapangan dengan ketentuan sebagai berikut: 
•Radius seperempat lingkaran sebesar 6 m digambarkan berada tepat di tengah tengah garis gawang. Garis tersebut digambarkan dengan ketentuan dimulai dari garis gawang hingga ke garis tersebut dan bertemu pada setiap garis bayangan di setiap sudut kanan pada garis gawang dari sisi luar tiang gawang. Pada Bagian atas dari setiap seperempat lingkaran akan dihubungkan oleh garis dengan ukuran 3.16 m yang membentang sejajar pada garis gawang. Dan akan membentuk Garis kurva yang merupakan garis terluar dari daerah pinalti garis ini biasa disebut dengan Garis Wilayah Pinalti. 

Titik pinalti 

• Titik pinalti
 di ukur 6 meter dari titik tengah antara letak tiang gawang vertikal dan jarak yang sama diantara kedua tiang tersebut. 
•Titik pinalti kedua 
Titik pinalti kedua diukur 10 meter dari titik tengan antara letak tiang gawang 
vertical Serta memiliki jarak yang sama diantara kedua tiang tersebut. 

Bujur sudut 

adalah titik tendangan pojok garis ini berupa seperempat lingkaran dengan radius sebesar 25 cm ditempatkan pada setiap sudut lapangan. 
Zona pengganti pemain 
Letak Zona pengganti pemain berada  didepan bangku tim dimana cadangan dari tim official. Zona pergantian pemain adalah tempat pemain masuk dan keluar lapangan jika terdapat pergantian pemain. 

•Zona penggantian pemain berada  didepan dari bangku pemain cadangan ukuran zona ini memiliki panjang 5 meter. Dan pada setiap sisinya ditandai dengan sebuah garis yang memotong garis pembatas lapangan, dengan ukuran garis lebar 8 cm dan panjang 80 cm, dimana 40 cm berada didalam lapangan dan 40 
cm berada diluar dari lapangan. 

 •Jarak antara tiap zona pergantian dengan titik perpotongan garis tengah lapangan dengan garis pembatas lapangan sebesar 5 meter. Ruang yang bebas ini, secara langsung berada didepan meja penjaga waktu,. Dan terdapat kebebasan pandangan yang baik. 

Gawang

Posisi gawang harus terletak di tengah-tengah dari garis gawang. 
• Gawang Berupa dua tiang sejajar yang vertical memiliki jarak yang sama untuk masing-masing sudut disisi atas tiang vertikal dihubungkan dengan menggunakan batang horizontal. 
• Jarak tiap tiang vertical sebesar 3 m dan jarak pada sisi bawah batang atas ke permukaan lapangan adalah 2 m. 
•Tiang vertical dan tiang horinzontal memiliki lebar 8 cm. 
•jaring gawang dibuat menggunakan bahan dari nilon, tali rami, atau goni, jaring gawang dipasang pada kedua tiang vertical dan tiang horizontal yang terletak di sisi belakang gawang.
Gawang dapat berpindah pindah namun harus memiliki kekuatan yang kokoh berdiam di permukaan lapangan selama pertandingan berjalan. 

Permukaan lapangan

Permukaan lapangan haruslah dalam keadaan rata serta tidak kasar dan tidak licin. Dianjurkan untuk penggunaan bahan yang terbuat dari kayu atau bahan buatan lainnya. Tidak dianjurkan menggunakan bahan beton.
 
Keputusan
 
1. Apabila ukuran garis gawang sebesar antara 15 m dan 16 m, makan radius  ukuran seperempat lingkaran yaitu sebesar 4 m. Dalam hal ini, penempatan titik penalti letakkan pada jarak 6 m dari titik tengah antara posisi tiang gawang. Dan Tidak lagi berada pada garis daerah pinalti

2. penggunaan tanah rumput, ataupun tanah rumput sintetis diperbolehkan untuk pertandingan yang dipertanggungkan kedalam kompetisi domestic, tetapi tidak diperbolehkan untuk pertandingan internasional. 

3. Dapat menambahkan tanda diluar lapangan, dengan letak 5 meter dari titik busur pojok lapangan pada sudut kanan pada garis gawang sebagai tanda saat sebuah tendangan sudut dilakukan. Lebar dari garis ini adalah 8 cm. 

4. tempat duduk pemain cadangan dan official berada pada garis pembatas lapangan tepat disamping zona bebas yang berada didepan meja penjaga waktu. 

Itulah tadi seobat Penjelasan lengkap mengenai ukuran dari lapangan futsal dan standar ukuran yang berlaku

0 Response to "Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional Dan Internasional Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel