-->

teknik dasar renang gaya bebas dan renang gaya punggung

RENANG GAYA BEBAS


Teknik renang Gaya bebas adalah   berenang dengan cara arahnya ke permukaan air kemudian kedua tangan dengan cara bergantian digerakkan ke arah depan menggunakan gerakan mengayuh, sesaat kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik dan turun ke atas dan ke bawah. 

pada saat berenang dengan gaya ini, posisi wajah menghadap permukaan air. Kemudian untuk melakukan pernafasan dilakukan dengan cara saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh jadi miring dan kepala berpaling ke samping. 

pada waktu inilah mengambil napas, perenang juga dapat memilih untuk menoleh ke kiri maupun kanan. gaya bebas ini merupakan gaya yang tidak terikat dengan tenik-teknik dasar spesifik. Kemudian gaya bebas dilakukan dengan beragam macam gerakan didalam berenang yang dapat membuat seorang perenang bisa melaju cepat didalam air. Sehingga gerakan gaya bebas sangat cocok untuk di praktekkan untuk yang telah berpengalaman maupun pemula

RENANG GAYA PUNGGUNG


Teknik renang gaya punggung adalah gaya renang ketika saat seorang berenang dengan posisi bagian punggung menghadap ke permukaan air. posisi wajah berada ada diatas air sehingga mudah mengambil napas. tetapi seorang perenang hanya dapat melihat ke arah atas serta tidak dapat lihat ke arah depan. 

pada saat pertandingan, perenang  akan memperkirakan dinding pinggir kolam dengan menghitung jumlah gerakan. Pada renang gaya punggung, posisi gerakan lengan maupun kaki sama dengan gaya bebas, tetapi perbedaannya pada bagian posisi tubuh telentang di atas permukaan air. kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang hampir mirip dengan gerakan sedang mengayuh. 

Untuk bagian pernafasan Posisi mulut serta hidung ada berada di permukaan air sehingga mudah untuk mengambil atau membuang napas dengan mulut maupun hidung. pada saat pertandingan memiliki perbedaan gaya sikap start seorang perenang gaya bebas, gaya dada, maupun gaya kupu-kupu yang mana seluruhnya dikerjakan berada diatas balok start, perenang gaya punggung ini melakukan start dimulai dari didalam kolam. 

seorang perenang menghadap ke arah  dinding kolam renang dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. kedua lutut ditekuk posisinya berada diantara kedua lengan, kemudian kedua telapak kaki bertumpu pada dinding kolam. gaya punggung merupakan gaya renang yang telah dikenal lama sejak zaman kuno. Gaya punggung ini pertama kali diperlombakan yaitu  pada olimpiade paris 1900.

0 Response to "teknik dasar renang gaya bebas dan renang gaya punggung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel