-->

Sejarah bola voli Indonesia dan dunia penjelasan lengkap

 Bola voli adalah olahraga permainan yang dilakukan dengan dua tim yang saling berlawanan. Untuk Setiap tim jumlah nprmain yang bermain di lapangan sebanyak 6 orang dalam sebuah pertandingan namun dapat digantikan oleh pemain cadangan apabila pemain inti mengalami cidera. Untuk memainkan permainan ini tumpuan utamanya yaitu pada kekuatan dari tangan, lompatan serta kekuatan kaki.

 Permainan bola voli diawasi Federation Internationale de Volleyball atau biasa di singkat FIVB organisasi ini didirikan pada tahun 1948 dan menjadi induk organisasi international yang memiliki anggota sebanyak 15 negara. Untuk Indonesia organisasi voli diawasi langsung dan di naungi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau bisa disebut PBVSI.

Sejarah Bola Voli Di Dunia


 Olahraga bola voli pada  Awalnya ditemukan diberi nama dengan nama Mintonette namun kemudian berubah. 
bisa dibaca di artikel ini perubahan nama bola voli , Permaianan bola voli pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan dan iya lahir pada tahun 1870 di Lockport, New York.

 Pada saat itu Morgan bekerja sebagai  Director of Phsycal Education atau instruktur pendidikan jasmani kemudian pada tahun 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat. 

 Morgan mendapatkan Inspirasi ketika iya bertemu dengan James Naismith yang merupakan seorang Pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861. Ketika itu tercipta olahraga baru yang dengan nama Mintonette. Dalam hidupnya Morgan, iya mendedikasikannya dengan bekerja sebagai  instruktur pendidikan jasmani, Morgan merupakan lulusan  YMCA . 

 Dalam process menciptakan permainan Morgan membutuhkan waktu kurang lebih selama empat tahun mogan lakukan dengan kombinasib dari berbagai jenis permainan.

 Permaianan Mintonette adalah permu gabungan dari empat jenis permainan olahraga yang kemudian di ubah  menjadi satu permaianan. Gabungan empat olahraga tersebut iyalah :

• Olahraga bola basket
• Olahraga tenis
• Olahraga baseball
• Olahraga bola tangan (handball)


Sejarah Bola Voli di Indonesia


 Pada awal masuknya permainan bola voli dimulai saat ketika masa penjajahan belanda olahraga bola voli masuk  dengan lewat jalur perdagangan hal tersebut terjadi di tahun 1928. Peningkatan dan kemajuan  bola voli  terjadi sangat cepat di Indonesia, hal ini dikarenakan kebutuhan olahraga masyarakat indonesia yang begitu besar.

 Oleh sebab itu permainan bola voli dijadikan dalam pertandingan pekan olahraga nasional ke 2 ketika tahun 1952 yang diselenggarakan di kota Jakarta. Hingga kini permainan bola voli masuk kedalam cabang olahraga resmi yang setiap saat di pertandingan dalam kejuaraan di Indonesia.

 Induk organisasi yang ada di Indonesia adalah PBVSI atau disebut juga persatuan bola voli seluruh indonesia dan di dirikan pada tanggal 22 Januari 1955.  yang pertama kali menjabat sebagai ketua adalah W. J. Latumenten. setelah didirikannya induk organisasi indonesia, maka  diadakan sebuah kongres yang pertama serta kejuaraan nasional yakni pada tanggal 28 hingga 30 Mei 1955 yang diadakan di Jakarta.

 Itulah tadi Penjelasan mengenai sejarah permainan bola voli yang diciptakan oleh Morgan dengan melakukan penggabungan dari berbagai macam olahraga dan dijadikan satu menjadi bola voli dan sejarah masuk dan berkembangnya olahraga voli di Indonesia ,Semoga informasi ini bermanfaat friends

0 Response to "Sejarah bola voli Indonesia dan dunia penjelasan lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel