-->

aturan dalam permainan bola voli lengkap dan ringkas

Dalam peraturan standard permainan secara Internasional harus memiliki suatu organisasi yang dapat menjadi tolak ukur dan dijadikan sebagai standard dalam pengambilan keputusan.induk organisasi internasional  bola voli.adalah Federation Internationale De Volleyball .

Di  indonesia sendiri induk dari olahraga bola voli di pimpin  oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI adapun aturan dalam pertandingan bola voli adalah sebagai berikut

1. Pertandingan memakai setengan kompetisi iyalah terdiri dari 8 tim utama dan kemudian dibagi kedalam 2 grup, masing masing grup terdiri dari 4 tim.

2. Setiap 1 tim bola voli mempunyai 10 pemain yang berisi sebanyak 6 pemain utama yang bermain dilapangan serta ada 4 orang pemain cadangan.

3. Ketika melakukan pergantian pemain inti dan pemain cadangan saat pertandaingan berlangsung tidak memiliki batasan pergantian

4. Permainan bola voli tidak akan ditunda apabila ada anggota tim kita yang juga ikut berpartisipasi untuk cabang olahraga  lainnya.

5. Jumlah minimum orang yang bermain saat pertandingan bola voli yaitu 4 orang.
Apabila ada tim yang bermain dengan jumlah pemain Kurang 4 orang, maka tim tersebut akan dianggap kalah oleh pihak penyelenggara.

6. Jika salah satu tim memenangkan permainan dengan 2 set langsung, maka pertandingan tersebut tidak perlu dilajutkan. 

7. Apabila jika Kedua tim telah menang masing-masing 1 set, sehingga akan dilajutkan dengan menambahkan 1 set pertandingan tambahan.

8. perhitungan dalam permainan bola voli yaitu sebesar 25 rally point. Ketika kedua tim memiliki point yang sama (24-24), sehingga pertandingan akan ditambahkan dengan 2 poin.  Apabila satu tim yang pertama kali unggul dengan selisih 2 point yang  menjadi pemenang pertandingan.

9. Kemenangan saat pertandingan penyisihan jumlah nilai yang didapatkan sebanyak 1. Jika terdapat 2 tim mempunyai nilai yang sama, selanjutnya akan ditentukan juara group serta runner-up akan dengan melihat pada kualitas angka tiap tim.

10. Kesalahan meliputi:

• Seorang Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah pada lapangan dari lawan.

• Bola tidak bisa ditangkap ataupun dilempar.

• Bola harus dipantulkan dan tidak boleh menyentuh lantai dasar lapangan.

• Bola tidak akan dihitung sebagai out apabila bola belum menyentuh permukaan lapangan, ketika bola kluar garis lapangan.

• Saat melakukan servis bola yang melewati garis bagian luar lapangan maka akan dihitung sebagai poin untuk lawan, begitupun seby apabila penerima servis lawan yang membuat bola keluar maka akan dinilai sebagai poin untuk lawan.

• Ketika melakukan serve semua pemain harus berada di area dalam lapangan.

• Pemain melakukan spike di atas area permainan lawan

• Semua anggota tubuh dapat digunakan untuk memantulkan bola kecuali pemain menendang bola dengan sangat keras.

• Apabila pemain dan lawan mengenai net sebanyak dua kali ketika memainkan bola nilainya dihitung sebagai double faults.

11. Tiap  tim diwajibkan untuk melakukan pertukaran sisi lapangan ketika babak berakhi kemudian jika babak penentuan dilakukan (set-3), dan tim yang mendapatkan nilai paling rendah boleh meminta tukar lapangan ketika saat tim lawan mencapai nilai poin 13.

12. Dalam tiap babak time out dapat dilakukan hanya sebanyak 1 kali dan dan lam time out selama 1 menit saja.

13. Sistem Penghitungan Angka dalam Permaianan Bola Voli

• Apabila tim musuh dapat memasukkan bola kedalam area kita maka kita kehilangan bola dan  musuh yang akan memperoleh nilai

• Serve yang dilakukan harus dapat melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, sehingga tim musuh akan memperoleh nilai

14. aturan mengenai Cara Permainan Bola VoliPermainan bola voli dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing dibagi menjadi 6 orang pemain dengan tujuan meraih angka 25 terlebih dulu.

• Pada peraturan  bola voli dalam satu tim, terdapat 4 peran utama, yaitu tosser (atau setter), libero, defender, (Pemain bertahan) dan spiker (smash),. Tosser Yaitu seorang pengumpan yang memiliki tugas untuk mengumpankan bola kepada teman satu timnya juga untuk mengatur jalannya permainan.

• Spiker tugasnya adalah memukul bola agar jatuh ke daerah pertahanan lawan. 
• Libero adalah seorang pemain bertahan yang mana libero dapat bebas keluar masuk namun tidak dapat melakukan smash bola ke seberang net. 
• Defender adalah seorang pemain bertahan tugasnya sebagai pemain yang menerima serangan dari lawan.

• Dalam permainan voli dituntut untuk memiliki kekuatan insting yang sempurna, terutama pada posisi tosser. Tosser diwajibkan dapat mengatur jalannya pertandingan. Seorang Tosser harus dapat membuat keputusan yang perlu dia lakukan dengan bola, dan semua itu dikerjakan dalam waktu yang cepat sebelum bola jatuh ke lapangan.

• Permainan bola voli dimainkan oleh 2 tim yang tiap tim terbagi dalam 6 orang pemain dan berusaha untuk meraih angka 25 terlebih dulu guna memenangkan babak pertandingan.

15. Peraturan bola voli memiliki Ukuran lapangan standar digunakan adalah 9 meter x 18 meter.
Batas Garis serang untuk pemain belakang ukurannya sebesar 3 meter dari garis tengah lapangan. Untuk Garis tepi lapangan ketebalannya sebesar 5 cm.

17.Standar bola dalamPermaianan Bola Voli harus memiliki keliling sebesar 65 sampai 67 cm, dan berat 260 sampai 280 gram.

18. Standar tekanan bola voli biasanya  sekitar 0.30 - 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).
Net

19 ukuran tinggi standar net pemain putra setinggi 2,43 meter
Standar tinggi net untuk pemain putri setinggi 2,24 meter

20. panjang standar dari garis samping adalah sepanjang 18 meter.
Standar lebar lapangan seluas 9 meter.
Standar lebar garis serang dengan luas sebesar 3 meter.


21. Pelanggan dalam permainan voli yaitu • Memengaruhi wasit.
• Bicara tidak sopan pada lawan atau wasit.
• Selalu protes terhadap keputusan wasit.
• Meninggalkan lapangan tanpa ada se-izin wasit.

0 Response to "aturan dalam permainan bola voli lengkap dan ringkas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel