-->

Teknik, sejarah, aturan dan babak dalam pertandingan Tinju dunia ( Boxing )

Tinju yang juga dikenal dengan nama Boxing merupakan olahraga terkenal di seluruh dunia yang menjadi trend baru di kalangan anak muda, terutama mereka yang menyukai olahraga dan pencak silat. Atau anggap saja itu sebagai latihan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau menjadi bugar. pada artikel kali ini Ki akan mrmperlajari lebih lanjut tentang olahraga tinju 

apa itu tinju?

Olahraga tinju modern dapat dipahami secara sederhana sebagai seni bela diri pertarungan tangan kosong antara dua atlet, menggunakan pukulan untuk menyerang kombinasi gerakan kaki dan kepala untuk menghindari serangan lawan.

Pertandingan tinju berlangsung di lapangan seluas 18 hingga 22 kaki (panjang 5,5 hingga 6,7 ​​meter di setiap sisi) dan dikelilingi oleh empat tali. Pertandingan tinju bisa berlangsung dari 4 hingga 12 ronde dengan tiga menit per ronde. Waktu yang dipersingkat menjadi dua menit per babak biasanya diterapkan di kompetisi wanita dan di beberapa kompetisi yang diadakan di Inggris. Pada akhir 1980-an, di kejuaraan dunia seperti WBC, WBA dan IBF secara resmi menetapkan pertandingan tinju profesional yang terdiri dari 12 putaran.

Selama bertahun-tahun, banyak variasi Tinju telah muncul, yang paling terkenal adalah Muay Thai, yang memungkinkan petinju menggunakan kedua kaki dan bagian tubuh lainnya untuk menyerang.

Sejarah tinju

Tinju adalah olahraga yang telah ada selama ribuan tahun, menjadi acara Olimpiade resmi pada tahun 688 SM. Bahkan terdapat bukti tinju yang ada di Mesir kuno.

Tinju awal hanyalah pertarungan dengan tangan kosong dan tanpa aturan menjadikannya olahraga yang sangat brutal dan penuh kekerasan.

Bertahun-tahun kemudian, olahraga mulai diatur, terutama pada tahun 1867 Ratu secara pribadi mengembangkan dan menyetujui Kode Etik resmi untuk olahraga tersebut.

siapa yang berperan dalam Olahraga tinju? 

Banyak orang hanya berpikir bahwa untuk pertandingan tinju hanya petinju dan wasit atau lebih dari juri. Namun nyatanya selain atlet yang mengikuti perlombaan tersebut masih banyak orang dan masing-masing memiliki fungsi masing-masing: 

Wasit

Wasit bertanggung jawab untuk membantu dan menegakkan petinju untuk mematuhi peraturan, menjaga mereka dalam ring sambil mengontrol perilaku atlet dan melakukan intervensi ketika situasi membutuhkannya.

Juri

Dalam sebuah pertarungan selalu ada kehadiran 3 juri, yang bertanggung jawab untuk memantau pertandingan dan mengevaluasi pukulan setiap petarung dan dengan demikian memutuskan siapa yang akan menang, jika tidak ada petarung yang menang. tersingkir atau kalah.

Dokter

Sebuah tim dokter harus hadir setiap saat untuk mengevaluasi kondisi petarung dalam pertempuran, menentukan apakah ia bisa terus bermain atau tidak.

Manajer

 adalah orang yang "bertanggung jawab" untuk waktu putaran dan memukul gong untuk menandai akhir dari setiap putaran.

Direktur teknis


Direktur Teknis bertanggung jawab atas keputusan juri, review dan publikasi hasil. Dia juga bertanggung jawab atas keputusan lain dalam pertandingan tersebut.

Komentator

Dia bertanggung jawab untuk membuat pengumuman tentang hasil pertempuran, mengomentari dan merekomendasikan petinju, penyelenggara, wasit, juri, dll.

Asisten

Setiap petarung berhak mendapatkan empat asisten - mereka yang berdiri di belakang petinju dan bertanggung jawab untuk menasihati dan merawat petarung dan melempar handuk ke ring ketika mereka mengira petarung tidak dapat lagi bertarung. .

Beberapa aturan pertandingan tinju profesional adalah:

- Pukulan dianggap mencetak poin hanya jika petarung memukul dari depan atau samping kepala atau perut lawan.

- Adalah ilegal untuk memukul bagian belakang kepala, menahan atau memukul di bawah ikat pinggang. Ketika seorang petarung melakukan kesalahan, juri akan memberikan peringatan terhadap petarung tersebut. Jika hal ini diulangi lagi, petarung dapat didiskualifikasi.

- Seorang petinju tidak bisa menyerang lawannya saat dia jatuh dan berbaring di atas ring.

- Menggigit juga merupakan pelanggan peringatan dan alasan petarung kemungkinan besar akan tersingkir.


Bagaimana cara memenangkan pertandingan tinju?

 Tujuan tinju adalah untuk memukul lawan secara langsung, dan pada akhirnya, para juri akan berdiskusi hingga memungkinkan untuk menyetujui atlet mana yang mencetak lebih banyak poin dengan pukulan.

Ada cara lain untuk menang selain KO seperti:

Ketika lawan jatuh di atas ring atau berbaring di garis, jika wasit menghitung sampai 10, lawan tetap tidak bisa bangun.

Wasit juga bisa melakukan KO berdasarkan faktor teknis. Ketika seorang seniman bela diri berulang kali memukul dan wasit berpikir bahwa petinju lainnya tidak tahan lagi.

- Berdasarkan skor di akhir pertandingan dan keputusan juri. Orang yang mendapat skor lebih tinggi menang.

- Akhirnya, asisten dapat melempar handuk ke lantai untuk mengaku kalah, ketika mereka menyadari bahwa atlet tersebut tidak memiliki peluang untuk menang.


Olahraga Tinju telah menghasilkan beberapa atlet paling terkenal (dan kontroversial) sepanjang masa. Muhammad Ali, Mike Tyson dan George Foreman adalah nama-nama yang diasosiasikan dengan olahraga ini.- pertandingan antara Muhammad Ali dan Joe Frazier pada tahun 1975, dianggap sebagai salah satu acara olahraga terbesar dalam sejarah.

Olahraga ini muncul di banyak negara di dunia dan di Amerika. Beberapa pertandingan tinju dapat menarik jutaan pengikut.

Tinju juga menjadi tren olahraga populer bagi orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Jika Anda tidak percaya bahwa tinju adalah olahraga yang bagus, cobalah melakukannya selama tiga menit sehari berturut-turut dan Anda akan mengetahui efek tak terduga yang dimilikinya.

Latihan pendukung untuk tinju yang sering dilakukan oleh petinju profesional seperti meninju karung pasir, lompat tali, push up, ... Latihan ini, meskipun tunggal, memiliki dampak khusus pada kelompok otot besar dan sistem jantung. denyut nadi, meningkatkan pernapasan dan mengonsumsi banyak kalori untuk membantu mengurangi lemak berlebih, otot lebih kencang dan lebih kenyal.

Bisa dikatakan bahwa Tinju dikagumi bukan hanya karena merupakan olah raga tetapi juga merupakan wujud dari kemauan dan kekuatan manusia. Selain itu, meskipun kita tidak menyukainya, kita tidak dapat memungkiri manfaat kesehatan dari latihan tinju.

0 Response to " Teknik, sejarah, aturan dan babak dalam pertandingan Tinju dunia ( Boxing )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel