-->

teknik dasar permainan bulutangkis untuk pemula

Bulu tangkis dianggap sebagai salah satu olahraga yang membutuhkan reaksi cepat dan intensitas kecepatan yang tinggi. Oleh karena itu banyak orang yang beranggapan bahwa berlatih bermain bulu tangkis sangat sulit. Namun, untuk memainkannya kamu hanya perlu mengetahui  beberapa aturan dan teknik dasar untuk mulai bermain, dibawah ini adalah beberapa teknik dasar bulu tangkis yang perlu kamu ketahui
1. Memegang raket

Teknik bulu tangkis paling  yang perlu kamu ketahui adalah teknik grip. Memegang yang tepat memainkan peran penting dalam kontrol serta membantu pemain meminimalkan risiko cedera pergelangan tangan. mengetahui cara memegang raket yang tepat akan membantu kamu dalam melakukan pukulan forehand dan backhand

Pegangan raket mirip dengan jabat tangan. Ibu jari  harus ditempatkan dengan nyaman di permukaan pegangan yang lebih lebar. jari tangan lainnya ditempatkan serupa dengan jabat tangan.

kamu harus memegang raket dengan nyaman, hindari pegangan yang terlalu erat. Memegang raket terlalu erat akan membatasi kelenturan gerakan dan juga mudah menyebabkan cedera pergelangan tangan jika dimainkan dalam jangka waktu lama. 

Ada dua teknik memegang raket di bulu tangkis: forehand dan backhand. Satu-satunya perbedaan antara kedua gaya pegangan ini adalah tempat jari-jari diletakkan:

• Bawa jari telunjuk ke depan sejajar dengan pegangan saat melakukan pukulan forehand.

• Bawa ibu jari ke depan sejajar dengan pegangan saat melakukan pukulan backhand.

2. Posisi berdiri

Postur berdiri menunjukkan bagaimana kamu berdiri saat bermain bulu tangkis, bahkan saat memukul dan sebelum melakukan servis. Berdiri dengan benar akan membantu untuk bergerak lebih mudah, menghasilkan hasil yang lebih baik saat bermain. Dalam bulu tangkis terdapat 3 posisi berdiri, yaitu: postur menyerang, postur pertahanan dan postur pendukung

Postur serangan

Postur ini digunakan sebelum melakukan tembakan highball head-to-head. Untuk melakukan postur ini, kamu perlu memutar tubuh ke arah garis vertikal, kaki menjulur ke bahu, dan tangan dominan yang memegang raket di sisi tubuh . Angkat kedua tangan ke atas untuk menciptakan kekuatan untuk menyerang dan membantu bola terbang dengan lintasan busur ke bawah.

Postur pertahanan

Ini adalah postur yang membantu untuk bertahan dari smash lawan. Dalam posisi ini, kamu perlu memutar tubuh agar menghadap jaring, tangan yang dominan membawa raket di depan setinggi pinggang dan sedikit ke depan. 

3. Servis

Servis adalah salah satu teknik bulutangkis paling dasar yang perlu kamu kuasai. Selain itu, kamu juga harus mengetahui aturan servis untuk mendapatkan servis yang valid dan menghindari kemungkinan pelanggaran. Ada dua teknik servis dalam bulu tangkis

Servis  tinggi

Servis tinggi membantu mengirim bola ke lapangan belakang lawan. kamu harus melakukan servis tinggi jika lawan mampu melakukan pukulan yang kuat. 

Servis rendah

Servis ini  membantu membawa bola ke bagian atas lapangan. Tujuan dari servis ini adalah agar bola terbang tepat di atas net dan mengenai sudut atas lapangan. Dalam kasus ini, jika servisnya tidak bagus, lawan akan memiliki kesempatan untuk memukul bola sebagai respons.

0 Response to "teknik dasar permainan bulutangkis untuk pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel