-->

Manfaat melakukan peregangan sebelum bermain basket?

Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga yang memerlukan gerak yang aktif , sebelum pertandingan atau latihan, kamu harus melakukan pemanasan agar otot menjadi lebih fleksibel. pemanasan sangat penting dilakukan untuk menghindari cedera seperti otot robek atau ligamen pecah saat melakukan teknik bola basket seperti berlari atau melompat 

Mengapa kita perlu melakukan peregangan?

Peregangan otot didefinisikan sebagai suatu bentuk latihan fisik di mana kelompok otot dan tulang tertentu diregangkan, biasanya dengan meregangkan untuk meningkatkan elastisitas otot dan memperkuat kekencangan otot. . Tujuan relaksasi otot adalah untuk meningkatkan kontrol otot, kelenturan, dan jangkauan gerak. peregangan otot terkadang digunakan sebagai terapi untuk meredakan kram otot. 

Peregangan ini sangat sederhana dan dapat dilakukan pada usia berapa pun. hal Ini adalah salah satu bentuk olahraga yang dapat kamu masukkan ke dalam aktivitas harian Karena tidak mengeluarkan banyak waktu dan membuat tubuh lebih sehat. Dapat dikatakan bahwa peregangan adalah latihan pemanasan yang diperlukan untuk mempersiapkan aktivitas olahraga yang berat. 

Saat memainkan jenis olahraga apa pun termasuk bola basket, regangkan tubuh sekitar 10 menit sebelum pertandingan. hal ini dapat membuat tubuh untuk lebih rileks dan menjadi lebih fleksibel. 

2. Manfaat peregangan otot

Mengurangi cidera

Melakukan peregangan secara teratur akan membantu meningkatkan panjang otot dan tendon. hal ini aka meningkatkan rentang gerakan dan mengurangi kemungkinan cedera.

Meningkatkan kemampuan skill

 Misalnya, jika kamu dapat melakukan lompatan yang tinggi tanpa merasakan sakit pada kaki saat menyentuh tanah, kamu akan dapat melakukan lompatan tanpa memikirkan atau khawatir akan cedera. jika kamu dapat mempertahankan fleksibilitas otot karena peregangan otot, kamu juga dapat mempelajari  keterampilan bola basket lain yang sebelumnya tidak dapat kamu lakukan karena jangkauan yang terbatas

Mengurangi ketegangan otot

Ketika otot-otot secara konstan diregangkan dan digerakkan, otot cenderung lebih jarang mengalami ketegangan.. Penumpukan asam laktat di otot  yang menyebabkan ketegangan pada otot. Jika kamu melakukan peregangan secara teratur, kamu membantu mencegah pembentukan awal asam laktat di otot.


 Dengan peregangan otot, kamu akan mengetahui batasan gerakan tubuh kamu, hal Ini memungkinkan untuk menyadari apa yang dapat dan tidak dapat kamu lakukan. 

0 Response to "Manfaat melakukan peregangan sebelum bermain basket?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel