-->

Teknik dasar cara melakukan lari estafet secara lengkap


Lari estafet adalah salah satu cabang perlombaan atletik berupa perlombaan lari , kegiatan perlombaan lari estafet ( relay race ) dilakukan dengan cara bergantian atau beranting. lari estafet termasuk lari dengan jarak yang pendek dan lari ini juga disebut dengan istilah lari sambung. Dalam setiap tim lari estafet terdiri dari empat orang pelari, yaitu dari pelari pertama, pelari kedua, ketiga, dan pelari keempat.

 Pada nomor lari estafet ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada cabang olahraga lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari dengan cepat dari pelari satu ke pelari lainnya.

Nomor lari estafet yang biasa sering masuk dalam pertandingan adalah nomor   4 x 400 meter dan 4 x 100 meter  Saat melakukan lari estafet ini tidak hanya Teknik saja yang diperlukan tetapi juga harus menguasai cara melakukan pemberian dan penerimaan tongkat pada zona atau daerah pergantian. Dalam pamain ini juga diperlukan taktik dan penyesuaian jarak dan kecepatan untuk tiap-tiap pelari sebagai strategi permainan.

Teknik dasar dalam nomer lari sambung lari estafet terbagi atas dua teknik yaitu dengan cara melihat dan dengan cara tidak melihat. cara melakukan kedua teknik tersebut adalah sebagai berikut :

Teknik Menerima Tongkat

• Teknik dengan cara melihat yaitu teknik menerima tongkat yang di berikan pelari sebelumnya dengan menoleh dan melihat datangnya tongkat yang diberikan oleh pemain sebelumnya

• Teknik tidak melihat dilakukan dengan cara pelari mengulurkan tangannya kebelakang dan pandangan kedepan dan menunggu datangnya tongkat pada tantangan yang di ulurkan.

Teknik Memberikan Tongkat

• Teknik memberikan tongkat dari bawah dilakukan saat ingin memberikan tongkat dengan mengayunkan lengan kedepan dari bawah sementara tangan pelari selanjutnya menerima tongkat dengan bagian ibu jari terbuka dan jari lain dirapatkan. Saat memberikan tongkat dengan tangan kanan penerima akan menerima tongkat dengan tangan kiri begitu pula sebaliknya

• Teknik memberikan tongkat dari atas dilakukan dengan mengayunkan lengan kedepan dari atas. Telapak Tangan penerima menghadap keatas ibu jari agak dibuka dan jari lain di rapatkan .saat memberikan dengan tangan kanan penerima menggunakan tangan kiri begitu pula sebaliknya.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara melakukan lari estafet serta teknik dalam melakukan lari estafet , semoga informasi ini bermanfaat

0 Response to "Teknik dasar cara melakukan lari estafet secara lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel