-->

Lapangan basket beserta ukurannya dengan standar FIBA

Lapangan basket menurut standar FIBA adalah berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang lapangan yaitu  lebar sebesar 14 meter dan panjang lapangan sebesar 26 meter . Dalam Lapangan basket terdapat tiga buah lingkaran  dengan panjang jari-jari  masing masing lingkaran sebesar 1,80 meter.

Panjang papan pantul sisi luar sepanjang 1,80 meter dan lebar papan pantul sisi luar sepanjang 1,20 meter. Dan panjang papan pantul pada sisi dalam adalah 0,59 meter dan lebar papan pantul sisi dalam sebesar 0,45 meter.

Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah sepanjang 2,75 meter. Ukuran jarak papan pantul di sisi bawah sampai ke ring basket memiliki ukuran sebesar 0,30 meter. panjang ring basket sebesar 0,40 meter. Dan jarak antara tiang penyangga hingga ke garis akhir adalah 1 meter.

Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket sepanjang 1,80 meter dan memiliki ukuran lebar garis sebesar 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang sebesar 6 meter. Dan panjang garis tembakan hukuman sebesar 3,60 meter.

Jumlah pemain dalam olahraga bola basket sebanyak 5 orang dalam satu tim dan memiliki cadangan 5 orang.Dan jumlah wasit dalam pertandingan bola basket sebanyak 2 orang. Wasit 1 biasa disebut dengan Referee sedangkan wasit 2 biasa disebut dengan Umpire.

Waktu pertandingan bola basket 4 X 10 menit. Di antara babak 1, 2, 3, serta babak 4 memiliki waktu istirahat selama 10 menit. Apabila skor yang sama pada akhir pertandingan maka akan berlanjut dengan perpanjangan waktu hingga terdapat selisih skor. Di antara dua babak  memiliki tambahan waktu istirahat 2 menit. Waktu untuk melakukan lemparan ke dalam lapangan yaitu 5 detik.

Keliling bola yang dimainkan dalam olahraga bola basket adalah 75 cm - 78 cm. Dan berat bola memiliki berat Antara 600 - 650 gram. Apabila bola dijatuhkan pada ketinggian 1,80 meter ke lantai permainan, bola basket tersebut harus dapat kembali dan mencapai ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai ukuran lapangan bola basket dan ukurannya dan standar lapangan bola basket .semoga informasi ini bermanfaat friends


0 Response to "Lapangan basket beserta ukurannya dengan standar FIBA "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel