-->

Penjelasan cara melakukan lompat tinggi gaya straddle

Ada macam macam gaya lompat tinggi, yakni gaya berguling, gaya telentang atau flop, dan gaya gunting atau (straddle) Ketiga gaya tersebut memiliki gerakan yang sama, namun yang berbeda saat tubuh berada di atas mistar. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas gerakan lompat tinggi dengan penggunaan gaya berguling atau straddle.
 Berikut ini tahapan gerakan lompat tinggi:

a. Tahap Awalan (ancang-ancang)
Pengunaan awalan dalam lompat tinggi yaitu lari dengan langkah ganjil 7, 9, serta 15. Langkah-langkah tersebut harus aktif dan terkontrol. Fungsi awalan adalah untuk mendapatkan kecepatan maksimum dan menempatkan badan agar siap untuk bertumpu atau bertolak. 

b. Tahap Persiapan
Kemudian dilakukan gerakan dengan titik pusat badan (centre of grafity) direndahkan caranya dengan mem bengkokkan kaki secara dalam dan melakukan langkah panjang dengan pasti. Kaki  dibengkokkan ketika sebelum langkah terakhir memungkinkan Untuk gerakan maju kaki untuk melakukan tolakan

c. Tahap Tolakan Kaki
Kaki tolak didorong dengan kuat kedepan dengan pinggang agak dimajukan. Dari sinilah gerak mengangkat berawal dengan titik berat tubuh melewati atas kaki penolak, sedangkan kaki melakukan gerakan ayun ke depan serta kaki tolak mulai mengayunkan ke arah atas . Ketika titik berat badan  berada atas kaki  kemudian kaki penolak diluruskan secara vertikal, lengan di ayunkan keatas dengan tinggi sebahu kemudian menarik tubuh ke atas.

d. Tahap melayang di atas mistar
Ketika berada di atas mistar, kaki depan agak dibengkokkan diawali dengan gerak penutupan/draping action dengan lengan bahu, serta kepala secara bersama-sama 
menukik saat memutar pinggang kaki penolak dibuka menuju arah  belakang  dan atas .

e. Tahap Pendaratan
Pendaratan di awali dengan sisi kanan tubuh mengguling dengan bahu. Maksudnya adalah untuk menghindari cidera. Melakukan pendaratan pada sisi tubuh kemudian mengguling terhadap bahu.

Kesalahan yang biasa terjadi ketika 
Saat  pendaratan lompat tinggi 
Yaitu sikap badan kaku dan terburu-buru, kaki belakang tidak diangkat agak rendah sehingga dapat menyentuh mistar, mendarat menggunakan tangan, serta tidak ada gerak lanjutannya.

0 Response to "Penjelasan cara melakukan lompat tinggi gaya straddle"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel