-->

Mengapa atletik disebut sebagai olahraga yang tertua? | Sejarah Lengkap

Atletik adalah kumpulan dari beberapa jenis olahraga yang secara umum dapat dikelompokkan yaitu lari, lompat dan lempar. Kata atletik berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang memiliki arti "kontes". Atletik disebut sebagai olahraga yang tertua dikarenakan cabang olahraga atletik diperlombakan ketika olimpiade pertamakali diselenggarakan di tahun 776 SM. organisasi  olahraga atletik di Indonesia  adalah PASI atau Persatuan Atletik Seluruh Indonesia.

Atletik merupakan olahraga asli dari Olimpiade yang pertama kali di selenggarakan tahun 776 sebelum Masehi dimana satu-satunya olahraga yaitu perlombaan lari atau stade sehingga olahraga ini dapat disebut olahraga tertua. 

Ada beberapa “Games” yang dimainkan selama era klasik Eropa: Panhellenik permainan The Pythian permainan olahraga ini dimulai 6 Sebelum Masehi dan diadakan di Argolid tiap dua tahun. The Isthmian permainan olahraga ini dimulai 523 Sebelum Masehi diselenggarakan di Isthmus dari Corinth tiap dua tahun.

 The Roman Games pada mulanya dari akar Yunani murni, Roman game merupakan olahraga yang memakai perlombaan lari serta melempar. olahraga Etruscan adalah permainan yang memakai pertempuran galiatoral, permainan olahraga etruscan digelar di Delphi setiap empat tahun..

 Pada periode abad pertengahan anak seorang bangsawan akan dilatih dalam hal bertarung, berlari, dan bergulat dengan tambahan berkuda, memanah serta latihan senjata. Kontes antar lawan dan sahabat sangat umum terjadi pada arena resmi maupun tidak resmi.

Pada abad 19 organisasi formal dari event modern mulai di laksanakan. termasuk juga dengan olahraga reguler serta latihan di masa sekolahan. Royal Millitary College di Sandhurst mengklaim sebagai yang pertamakali melaksanakan pada tahun 1812 dan 1825 namun tanpa bukti yang nyata. Catatan sejarah yang paling tua yang tercatat di Shrewsbury, Shropshire di tahun  1840 oleh Royal Shrewsbury School Hunt. detail pertemuan itu ditulis  oleh C.T Robinson 60 tahun kemudian. Robinson adalah murid yang bersekolah disana saat tahun 1838 sampai 1841. 

Event melompat dan melempar biasanya menggunakan tempat di dalam trek. Cabang Atletik masuk ke dalam Olimpiade modern yaitu terjadi pada tahun 1896 kemudian membentuk dasar-dasarnya dari cabang ini. 

Wanita pertama kali di ijinkan untuk berpartisipasi di trek dan lapangan dalam event Olimpiade terjadi pada tahun 1928. Suatu badan pengelola internasional dibentuk yang bernama IAAF pembentukan ini terjadi pada tahun 1912 

Amateur Athletic Union atau AAU merupakanbadan pengelola yang berada di Amerika Serikat hingga runtuhnya dibawah tekanan profesionalisme ketika akhir tahun 1970. Namun di bentuk badan baru dengan nama TAC atau The Athletic Congress Kemudian  diberi nama USA Track and Field


Jenis kegiatan olahraga dalam cabang atletik yaitu :

Sprint
Lari berintang
Halang rintang
Lempar cakram
Lompat tinggi
Lompat galah
Lompat jauh
Estafet
Lari jalanan
Lomba jalan cepat
Tolak peluru
Lempar peluru
Lempar lembing
Lompat ganda
Lompat tinggi berdiri
Lompat jauh berdiri
Lompat ganda berdiri

Itulah tadi Penjelasan mengapa atletik disebut sebagai olahraga tertua semoga informasi ini bermanfaat

0 Response to "Mengapa atletik disebut sebagai olahraga yang tertua? | Sejarah Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel