-->

Daftar istilah-istilah yang digunakan dalam permainan sepak bola

Daftar istilah-istilah yang digunakan dalam permainan sepak bola dan pengertian istilah sesuai penerapannya dalam permainan sepak bola adapun istilah dalam permainan sepak bola adalah sebagai berikut

1. Babak permainan. Permainan sepak bola selalu terbagi menjadi dua babak. 

2. Waktu jeda yang berada antara babak babak satu dan babak dua dikenal dengan istilah "istirahat".

3. Bek. Pemain bertahan.

4. Bendera sudut . Adalah Bendera yang diikat pada tiang yang terletak di sudut-sudut lapangan. Bendera ini harus mudah dilihat dari jauh dan memiliki fungsi menunjukkan batas maksimal bidang permainan. Ketinggian minimum bendera sudut adalah 1,52 meter.

5. Bola aktif. Ketika bola yang masih berada di area dalam. lapangan serta masih dimainkan oleh pemain dan tidak dihentikan oleh wasit.

6. Bola dalam. Ketika bola yang masih berada di dalam lapangan.

7. Bola jatuh. Yaitu pada saat Wasit menjatuhkan bola di antara 2 orang  pemain guna melanjutkan pertandingan yang tertunda karena suatu sebab. Para pemain tidak boleh menendang sebelum bola menyentuh tanah.

8. Bola keluar. Bola bergulir yaitu saat bola meninggalkan area dalam lapangan menuju ke luar lapangan.

9. Bola dalam permainan sepubola ada  tiga ukuran utama, Yaitu 3, 4, dan 5. 

10. Busur konsentrasi dalam sepak bola merupakan wilayah yang di ukur dari tiang gawang hingga ke sudut kotak gawang dan daerah kotak penalti dan sampai ke garis pinggir. 

11. Busur penalti adalah Lingkaran khayal yang terletak di luar pusat titik penalti. Lingkaran busur penalti bukan termasuk di dalam daerah penalti, dan pemain harus menjauhi daerah daerah busur penalti ketika akan dilakukannya tendangan penalti. Mereka harusnya berjarak minimum  10 meter dari titik tendangan.

12. Busur pojok Merupakan Tanda berupa seperempat lingkaran yang terletak pada keempat sudut lapangan. Bola yang ditendang melalui garis gawang oleh tim yang melakukan pertahanan maka akan ditendang dari sudut busur pojok untuk melanjutkan permainan.

13. Celana pendek adalah Celana yang dipakai oleh pemain . Warna Celana pendek ini dapat sama maupun kontras dengan baju yang dipakai pemain sepakbola.

13 Cone atau Pancang kerucut  memiliki bentuk lancip pada bagian atasnya, alat ini difungsikan  sebagai penanda suatu area. Pancang kerucut biasanya memiliki warna cerah.

14. Daerah flank adalah Daerah yang terletak di luar lapangan daerah ini agak dekat dengan garis pinggir.

15. Daerah gawang adalah Daerah di depan gawang yang terdapat garis khusus. Panjang maksimal sepanjang 18 meter dan lebar maksimal sepanjang 5,5 meter.

16. Daerah kosong dalam permainan sepak bola adalah Titik atau wilayah yang terletak di belakang pemain.

17. Daerah penalti adalah wilayah di depan gawang yang mena batas terluar yang memungkinkan penjaga gawang untukmenyentuh bola dengan tangannya. Panjang maksimal dari daerah penalti adalah  sepanjang 40 meter, dengan lebar maksimal sepanjang 16 meter.

18 Drop kick dalam permainan sepak bola adalah Gerakan dari kiper yang menjatuhkan bola kemudian menendangnya ketika bola itu memantul di tanah.

19. FIFA atau Federation Internationale de Futbol Association adalah badan resmi internasional yang mengatur masalah peraturan serta permainan dalam sepak bola.

20. Football adalah Nama resmi dalam olahraga sepak bola yang paling biasa digunakan di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada yang menggunakan nama soccer sebagai istilahnya

21. Formasi dalam permainan sepak bola adalah Penempatan posisi pemain dalam lapangan. Penempatan pemain dimulai dengan posisi dari pemain gelandang belakang. Penjaga gawang tidak termasuk ke dalam formasi ini. Jumlah pemain untuk setiap formasi tidak boleh lebih dari 10. 

22. Garis batas luar dalam sepak bola adalah Garis-garis yang berada di lapangan yang menandai batas luar bidang permainan. Lebar maksimal garis batas ini sebesar 12,5 cm.

23. Garis gawang adalah Garis yang terletak pada ujung lapangan yang berguna untuk menandai batas paling jauh kedua ujung lapangan.

24 Garis pinggir adalah Garis yang dibuat secara memanjang pada kiri dan kanan lapangan yang mana garis ini iyalah batas terluar dari lapangan. Garis pinggir biasa disebut garis tepi

25. Garis tengah dalam sepak bola adalah Garis yang membagi lapangan dengan dua bagian sama besar. Terdapat lingkaran tengah pada garis ini.

26. Gawang dekat adalah  Tiang gawang yang terletak paling dekat dengan bola.

27. Gawang merupakan Daerah yang terletak  pada 2 ujung lapangan dengan panjang maksimal 7,32 meter serta lebar maksimal 5,49 meter, dan tinggi maksimal 2,44 meter. Tepi depan gawang harus sejajar dengan garis gawang. Bagian belakang gawang tertutup dengan faring yang bertujuan menghentikan bola yang berhasil memasuki gawang.

28. Pengertian Gelandang tengah adalah Pemain yang memiliki posisi di antara gelandang belakang dan pemain penyerang.

29. Giringan cepat merupakan teknik Menggiring bola secara cepat sebelum tim lawan melakukan reaksi.

30 Hakim garis dalam sepak bola adalah  seorang  Pembantu wasit yang bertugas mengawasi garis pinggir serta memberikan isyarat saat terjadi offside. Hakim garis akan cepat-cepat mengangkat benderanya saat terjadi pelanggaran.

0 Response to "Daftar istilah-istilah yang digunakan dalam permainan sepak bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel