-->

Teknik Dasar Permainan bola basket dan teknik pemain profesional

Teknik dalam permainan bola basket terbagi atas Teknik dasar dan teknik untuk para pemain profesional. dan  pada  kesempatankali ini kita akan membahas mengenai kedua Teknik ini adapun Teknik Teknik tersebut yaitu :

Teknik dasar dalam permainan basket


Memegang bola

Dalam bermain bola basket yang perlu kita ketahui adalah cara memegang bola yaitu dengan membuat tangan membentuk mangkok besar. Bola terletak diantara telapak tangan. Telapak tangan melekat di sisi bola pada bagian agak  belakang, buat jari-jari agak lebar dan melekat pada bola.  Kedua kaki Membuat kuda-kuda satu satu kaki melangkah kedepan. Badan sedikit mengarah ke depan dan lutut dalam keadaan rileks.

Menangkap Bola

Saat menangkap bola perlu diperhatikan agar bola tetap dapat dikuasai. Bola ditangkap dengan telapak tangan serta jari-jari tangan melebar dan pergelangan tangan rileks. Ketika bola di tangkap, jari tangan segera melekat dengan bola kemudian tarik ke belakang mengikuti arah datang bola. Menangkap bola dalam permainan basket disebut dengan catching ball, Teknik ini terbagi atas dua macam teknik yaitu menangkap bola di atas kepala serta menangkap bola di depan dada.

Mengoper bola

Teknik Mengoper bola terbagi atas tiga cara Teknik melempar yaitu melempar bola dari depan dada atau disebut chest pass, dari atas kepala atau over head pass dan teknik melempar bola dengan cara bola dipantulkan ke tanah atau lantai Teknik ini biasa disebut bounce pass.

Menggiring bola 

Menggiring bola dalam permainan basket adalah suatu teknik untuk membawa bola ke depan. Dilakukan dengan cara  bola dipantulkan ke lantai dengan menggunakan satu tangan.Teknik Menggiring bola ini terdapat 2 Teknik Menggiring, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah berfungsi untuk melindungi bola dari jangkauan pemain lawan. Menggiring bola tinggi bertujuan untuk meningkatkan serangan cepat ke daerah pertahanan lawan.

Pivot

Pivot dalam permainan bola basket adalah upaya menyelamatkan bola agar tidak dapat dijangkau oleh lawan dengan salah satu kaki menjadi poros, dan kaki lainnya berputar 360 derajat.

Shooting

 Shooting adalah suatu upaya untuk  memasukkan bola ke dalam  ring lawan untuk medapatkan  poin. Teknik shooting ini dapat dilakukan dengan 2 Teknik yaitu shooting dengan kedua tangan dan shooting menggunakan satu tangan.

Lay up

Lay-up dalam permainan basket disebut juga dengan tembakan melayang. adalah upaya memasukkan bola kedalam keranjang basket menggunakan 2 langkah dan meloncat agar dapat mencetak angka. 

Teknik permainan bola basket profesional


Fade Away

Fade away Dalam olahraga basket adalah teknik yang dilakukan dengan cara mendorong badan kebelakang ketika melakukan shoot, sehingga menyulitkan pertahanan lawan untuk menghalau bola. teknik agak susah dilakukan untuk pemain yang baru belajar basket. Jika keseimbangan tubuh tidak dijaga maka biasanya akan terpelanting dan jatuh kebelakang. Pemain NBA yang biasa memakai teknik fade away adalah pemain basket seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.


Hook Shoot

Hook dalam olahraga basket merupakan teknik yang paling efektif jika pemain dijaga oleh lawan yang memiliki postur tubuh lebih tinggi dari pemain. Hook shoot dilakukan dengan cara menembak dari samping menggunakan satu tangan. jarak antara lawan yang menghadang agak jauh. 


Jump Shoot

Teknik ini membutuhkan lompatan yang tinggi, dan pemain harus memiliki tembakan yang akurat.

crossover

merupakan dalam olahraga basket adalah teknik dribble dengan cara  bola dipantulkan dari tangan kiri ke tangan kanan .  teknik ini biasanya telah banyak mendapatkan improvisasi dengan cara memantulkan bola di kedua celah kaki maupun belakang kaki

Slamdunk

Slamdunk merupakan teknik yang sangat populer dalam olahraga basket. Pada dasarnya Teknik ini cukup simpel, yaitu dengan cara memasukkan bola secara langsung kedalam rig dengan dengan tangan di hempaskan ke dalam ring basket. Teknik ini memang sederhana namun untuk orang dengan tinggi kurang dari 171 cm teknik ini akan sulit untuk dilakukan

Itulah tadi beberapa teknik dalam olahraga basket selain itu dengan mempelajari dan berlatih teknik ini kamu juga secara tidak langsung memiliki manfaat lain karena, Olahraga  sangat bermanfaat untuk kesehatan dan dapat meningkatkan tingkat kesehatan tubuh, olahraga termasuk kebutuh pokok dalam kehidupan sehari-hari

0 Response to "Teknik Dasar Permainan bola basket dan teknik pemain profesional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel