-->

jalan cepat termasuk salah satu cabang olahraga? pengertian dan teknik

Jalan cepat termasuk salah satu cabang olahraga atletik. Jalan cepat mengunakan gerakan maju dengan langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa sehingga kontak antara kaki dan tanah tetap terpelihara secara continue. 
Pelaksanaan perlombaan dalam Olahraga jalan cepat dimulai dengan adanya start
pemberangkatan dan diakhiri dengan melewati garis finish, untuk 
teknik jalan cepat dapat dikategorikanke dalam tiga bagian teknik yaitu :start,  jalan cepat, serta melewati garis finish.

 Jalan cepat (race walking) Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1912 dengan nomor 10 km dan dilakukan pada lintasan sebagai salah satu nomor olimpiade di tahun 1976. Namun pada saat olimpiade tahun 1956 yang tercantum hanyalah nomor 20 km. Namun saat  olimpiade pada tahun 1980 di Mokswa, jalan cepat 50 km ikut dicantumkan kembali kedalam perlombaan.

Beberapa tahun belakangan ini  perlombaan jalan cepat mulai banyak penggemarnya dan  diperbincangkan. Dalam olimpiade modern perlombaan jalan 
cepat 20 km, dan 50 km sudah sejak lama menjadi nomor yang selalu dipertandingkan.  Di Indonesia perlombaan jalan cepat di ikut sertakan dalam kejuaraan atletik nasional pada tahun 1978. Jarak yang dipertandingkan yaitu untuk pria nomor 10 dan 20km dan untuk wanita nomor 5 km dan 10 km.

Perbedaan antara Jalan Cepat dan Lari


Perbedaan gerakan  lari dengan jalan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. 
Baik lari atau jalan cepat memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memindahkan badan ke depan dengan menggunakan langkah kaki.
Adapun perbedaan  Perbedaany dimiliki  dapat dikategorikan sebagai berikut.

Jalan cepat :

 gerakan jalan cepat akan selalu terdapat kontak tanah dengan kaki
Maksudnya, bahwa setiap saat, salah satu kaki selalu melakukan kontak dengan tanah.

Lari


Dalam gerakan lari, ada masanya kaki itu dalam kondisi melayang, saat sedang melangkah.  Artinya, bahwa ketika saat tertentu kedua kaki lepas dan tidak menyetuh/menginjak tanah.

Prinsip dasar jalan cepat dapat dikategorikan dalam tiga bagian dasar yaitu cara melakukan start , prinsip dasar berupa ayunan tangan dan kecondongan tubuh dan finish.

Dalam Olahraga jalan cepat dapat disimpulkan bahwa olahraga jalan cepat termasuk dalam Olahraga atletik menggunakan star berdiri dan memiliki nomor perlombaan berdasarkan jarak yang ditempuh

0 Response to "jalan cepat termasuk salah satu cabang olahraga? pengertian dan teknik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel