-->

Cara Mencegah Cedera dalam Olahraga Bola Basket

Menurut kata pepatah "mencegah lebih baik daripada mengobati", berikut ini beberapa saran untuk kamu agar terhindar cedera dalam olahraga bola basket.

 Bola basket merupakan olahraga yang sering menyebabkan seseorang cedera, utamanya karena perubahan ritme dan kontak fisik secara tiba-tiba. Kita juga dapat terluka oleh gerakan lengan dan bahu yang berulang-ulang serta latihan yang cepat.

 Sebelum memulai latihan kita harus memperhitungkan pentingnya pemanasan dan peregangan terutama pada pergelangan kaki, betis, paha depan dan punggung bawah.

Bagaimana cara melakukan pemanasan?

Lakukan Pemanasan gerak aerobik dan berlangsung sekitar 15 menit, dilakukan dengan membuat lompatan kecil, lari pendek. Kemudian di mulai dengan peregangan. Peregangan dinamis lebih baik dilakukan karena akan menyerupai jenis gerakan yang akan kita lakukan nantinya. orang yang telah mengalami cedera di haruskan untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan pemanasan dan meregangkan pada area yang cedera dengan latihan khusus untuk menghindari cedera agar tidak terulangnya kembali. Bagaimanapun, intensitas pemanasan dan pelatihan tergantung kondisi kesehatan orang tersebut .

Alas kaki

Sangat penting untuk memakai alas kaki yang baik dengan sol anti selip. Sepatu harus menyerap benturan Untuk menghindari keseleo, alas kaki harus memungkinkan pergerakan pergelangan kaki sambil menahan kaki dari gerakan yang salah. untuk kaus kaki, penting agar kaus kaki terbuat dari kapas yang menyerap keringat dan tidak memiliki jahitan agar menghindari gesekan.

Penyangga lutut 

direkomendasikan untuk memberikan stabilitas lebih pada ligamen jika terjadi ketidakstabilan patela dan ketidaknyamanan di wilayah tersebut.

Dalam permainan bola basket, banyak pemain memakai pelindung siku untuk menghindari lecet.

Jika kita di perlukan untuk memakai kacamata saat bermain, gunakan kacamata yang tahan terhadap guncangan, dan dirancang khusus agar tidak jatuh dan tidak menampung keringat yang mengganggu mata. Ada banyak pemain yang menggunakan kacamata hanya untuk pencegahan benturan.

Mengenai benda-benda dekoratif seperti tindikan, cincin atau anting, disarankan untuk tidak memakainya selama pertandingan 

Dan kapan kita istirahat?

Overtraining biasanya menyebabkan cedera kelelahan. Selain itu, kelelahan dapat menyebabkan gerakan yang buruk sehingga meningkatkan risiko cedera. Jadi kita harus mendengarkan tubuh kita, tidak memaksakan situasi dan beristirahat ketika tubuh membutuhkannya.


0 Response to "Cara Mencegah Cedera dalam Olahraga Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel